10 Hal Yang Anda Harapkan Dari Copywriter IT Anda

By | January 6, 2021

Siapa pun yang pernah mencoba memasarkan produk atau layanan TI tahu bahwa itu adalah bidang spesialis. Cek Info les privat sekolah internasional. Pelanggan Anda di industri TI memiliki persyaratan yang sangat unik dan spesifik, dan itu berarti Anda juga demikian. Untuk menulis salinan yang menarik seputar penawaran Anda, Anda memerlukan copywriter dengan pemahaman yang kuat tentang dunia TI – seseorang yang tidak takut menyebut diri mereka sebagai “Penulis Copywriter TI”.

Jadi, bagaimana Anda tahu jika Anda telah menemukan copywriter TI? Dan – yang lebih penting – bagaimana Anda tahu apa yang diharapkan dari mereka? 10 tip berikut akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang kualitas yang harus dicari – hal-hal yang membuat copywriter menjadi copywriter TI.

1) Latar belakang IT

Mungkin kualitas yang paling menguntungkan dalam copywriter TI adalah latar belakang yang kuat dalam industri TI. Jika copywriter Anda berbagi pemahaman tentang domain Anda, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menjelaskan manfaat produk atau layanan Anda. Ingat kapan terakhir kali Anda melihat seseorang berkaca-kaca saat Anda melirik tentang keajaiban teknologi terbaru Anda? Anda tidak ingin hal itu terjadi saat Anda memberi pengarahan kepada copywriter Anda. Lebih penting lagi, Anda tidak ingin hal itu terjadi saat calon pelanggan membaca salinan Anda!

2) Pengalaman menulis teknis

Penulis teknis yang baik berpengalaman dalam menjembatani kesenjangan pengetahuan. Artinya mereka harus memahami teknologinya, tapi mereka juga harus bisa membicarakannya dalam bahasa awam. Seorang copywriter dengan pengalaman menulis teknis di industri TI kemungkinan besar memiliki pengetahuan domain dan kemampuan untuk mulai bekerja. Mereka akan cepat menerima, sehingga mereka akan memahami produk atau layanan Anda lebih cepat daripada kebanyakan orang.

Tentu saja, tidak semua penulis teknis adalah copywriter TI. Anda harus yakin mereka bisa menulis salinan yang menarik – bukan hanya instruksi manual. Lihat sampel dan testimonial mereka sebelum membuat keputusan.

Pertimbangan penting lainnya – terutama jika Anda mencari copywriter situs web – adalah, apakah mereka memiliki pengalaman menulis online? Menulis untuk media online sama sekali berbeda dengan menulis untuk media cetak. Pembaca memiliki persyaratan dan tujuan yang berbeda, dan kondisi membaca sangat berbeda. Banyak penulis teknis telah menulis bantuan online, jadi mereka harus tahu cara mengatasi perbedaan ini. Untuk memastikan, minta mereka merekomendasikan panjang halaman maksimum atau jumlah kata per halaman. Jawaban yang benar harus menyertakan beberapa komentar tentang trade-off antara masalah scrolling dan kebutuhan akan jumlah kata kunci yang tinggi untuk SEO. Tanyakan kepada mereka apakah mereka lebih suka kalimat panjang atau pendek (dan berharap mendengar “pendek”).

3) Pendidikan Lanjutan

Produk dan layanan TI pada umumnya sangat kompleks. Terlebih lagi, kebutuhan pelanggan akhir juga sangat kompleks dan unik. Ini berarti biasanya ada kurva belajar yang cukup curam bagi siapa pun yang baru mengenal. Tanyakan copywriter TI Anda apakah mereka memiliki kualifikasi tersier. Ini tidak penting, dan – dengan sendirinya – itu bukan jaminan kualitas salinan, tetapi umumnya merupakan indikator yang baik dari seseorang yang telah dilatih dalam seni pembelajaran (yaitu meneliti, pemfilteran dan pemodelan informasi, retensi pengetahuan, dll.).

Sisi lain dari koin itu adalah mewaspadai orang-orang yang secara teknis berkualitas. Jangan mengabaikannya begitu saja (banyak orang teknis telah menjadi copywriter TI yang hebat); Ingatlah bahwa orang yang terlatih secara teknis memiliki kecenderungan untuk menerima begitu saja banyak hal ketika berbicara dengan orang awam. Copywriter TI Anda harus dapat memahami teknologi dan kompleksitasnya, tetapi tetap berhubungan dengan masalah pelanggan non-teknis.

4) Pengalaman Manajemen

Siapapun yang memiliki pengalaman manajemen – di tingkat manapun – telah berurusan dengan pembuat keputusan. Mereka sendiri bahkan mungkin adalah pembuat keputusan. Dalam bentuk promosi apa pun, Anda perlu mengajukan banding kepada pembuat keputusan. Copywriter TI Anda perlu mengembangkan pemahaman tentang kebutuhan, pengaruh, tekanan, masalah, lingkungan kerja, dan kendala pembuat keputusan biasa Anda. Semakin memahami copywriter TI Anda dalam menjalin hubungan, semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk mengajari mereka.

5) Pengalaman Pemasaran

Pengalaman pemasaran yang sebenarnya merupakan nilai tambah yang besar. Ini membawa serta pemahaman yang lebih luas tentang pemasaran strategis dan realitas bekerja dengan berbagai orang yang menantang dan produk dan layanan yang berkembang. Carilah copywriter IT dengan pengalaman perusahaan sebagai manajer pemasaran atau koordinator pemasaran, atau seseorang yang menjalankan bisnis copywriting dengan fokus pemasaran yang berat.

6) Testimonial

Siapapun dapat menyebut diri mereka copywriter IT; sedikit yang memiliki testimoni klien untuk membuktikannya. Testimonial adalah cara terbaik untuk memvalidasi klaim copywriter IT Anda. Mintalah untuk melihat beberapa dan membacanya dengan cermat. Jangan hanya melihat nama dan logo perusahaan. Anda perlu menentukan apakah kata-kata klien mendukung klaim copywriter. Dan pastikan testimonial tersebut berkaitan dengan jenis pekerjaan yang Anda komisioning (atau sesuatu dengan persyaratan serupa).

7) Sampel IT

Buktinya ada di puding. SELALU meminta copywriter TI potensial untuk mengirimkan contoh pekerjaan mereka kepada Anda. Dan – seperti halnya testimonial – jangan tertipu oleh kemasan mencolok, nama besar, dan logo yang dapat dikenali. Bacalah kata-katanya. Apakah mereka relevan dengan proyek Anda? Apakah mereka menyampaikan pemahaman yang jelas tentang materi pelajaran? Apakah mereka menyampaikan manfaat atau hanya fitur? Apakah mereka ditulis dengan gaya yang menurut Anda mudah dibaca, namun tetap menarik? Dan setelah Anda membaca kata-katanya, periksa kembali dengan tepat berapa banyak masukan yang dimiliki copywriter dalam tulisan mereka. Tidak semua salinan ditulis dari awal. Beberapa copywriter bekerja dalam tim, dan yang lainnya melakukan lebih banyak pengeditan daripada menulis. Pastikan Anda mendapatkan pemahaman yang jelas tentang kemampuan dan pengalaman copywriter TI Anda sebelum menugaskan mereka.

8) Pahami Manfaat

Pelanggan Anda tidak tertarik dengan apa yang Anda lakukan; mereka tertarik dengan apa yang dapat Anda lakukan UNTUK MEREKA. Dengan kata lain, mereka tertarik pada manfaat apa yang akan diberikan produk atau layanan Anda. Bagaimana hal itu akan membuat hari mereka lebih mudah, lebih menyenangkan, mengurangi stres, lebih aman, atau lebih menguntungkan? Mengidentifikasi manfaat adalah salah satu tugas tersulit dalam proyek periklanan apa pun. Faktanya, banyak orang mengandalkan copywriter mereka untuk membantu mereka menemukan manfaat yang paling menarik. Apakah copywriter TI Anda benar-benar memahami manfaat yang Anda promosikan?

9) Memberikan nilai

Seorang copywriter TI yang baik harus memiliki pengalaman profesional yang solid. Mereka harus memberi nilai pada dorongan pemasaran Anda yang jauh melampaui kata-kata tertulis. Strategi, taktik, citra, kontak, anekdot, identitas korporat… copywriter TI Anda harus menyajikan lebih dari sekadar tata bahasa dan tanda baca. Harapkan mereka untuk memberikan saran, bukan hanya membuat catatan dan berkata “Ya”.

10) Ditambah semua persyaratan copywriter normal…

Tentu saja, copywriter TI Anda harus dapat memenuhi semua persyaratan copywriter normal. Mintalah kontrak pekerjaan yang harus diselesaikan, perkiraan waktu, rencana serangan, CV, dan keterampilan menyalin SEO (jika kehadiran mesin pencari penting bagi Anda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *